Skip to content

mau tau soal selulit?

12 Mei, 2009

wiken kemarin aku bantuin sepupu, anak farmasi yang lagi bikin skripsi *duh qo tiba-tiba gatel ya, ni tangan ngetik kata terakhir. namanya Tiwi. si Tiwi ini minta dibantu buat nerjemahin  salah satu artikel referensi dia tentang selulit. wah, aku pikir, oke juga nih. sambil menyelam minum air juga.. sambil nerjemahin, dapet juga pengetahuan ’bout selulit. salah satu momok buat kita, para cewek *atau yang merasa cewek 🙂 .

trus setelah aku baca, artikelnya oke juga loh. walaupun secara general, tapi cukuplah buat ngerti tentang seluk beluk dunia per-selulit-an. so, ga ada salahnya aku pajang hasilnya di sini. sekalian. biar yang baca ketularan pinter juga.

and, here it is:

Selulit sederhananya adalah sebuah istilah untuk menjelaskan kemunculan lemak yang terlihat bergelombang pada tubuh. Sebenarnya ini bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan kondisi menonjolnya sel-sel lemak dan faktor-faktor lain yang mendampingi dan berujung pada munculnya selulit.

Kadang sel-sel lemak bisa sedemikian meregang sehingga menyebabkan serat kolagen di sekitarnya membelok dan menyebabkan kerutan pada kulit di atasnya. Terdapat 3 lapisan lemak yang terdapat pada tubuh. Selulit terdapat pada lapisan lemak yang paling dekat dengan kulit. Disanalah sel-sel lemak masuk ke dalam kantong yang terbentuk oleh serat kolagen.

Kadang sel-sel lemak terperas pada jaringan penghubung (serat kolagen) dan terdapat sebuah ruangan sempit untuk sistem pengeringan limfatic untuk membebaskan cairan, lemak dan toksin yang bertambah. Lemak pada lapisan ini tidak merespon diet ataupun olahraga dengan baik. Helaian-helaian yang berserat dapat menyebabkan sulitnya dilakukan penyedotan lemak dengan baik pada lapisan ini. Selain itu, faktor hormon juga bertanggung jawab atas akumulasi lemak pada lapisan selulit kita.

Dua lapisan lemak yang berikutnya tidak terstruktur. Sel-sel lemak tidak terpisah oleh jaringan penghubung. Pada tingkat tertentu, lemak pada lapisan-lapisan ini juga dipengaruhi  oleh faktor genetik. Perbedaan yang jelas adalah bahwa lemak pada lapisan-lapisan ini juga dengan mudah luruh oleh perubahan gaya hidup serta diet.

Kenapa kita harus peduli dengan selulit? Dalam dunia di mana kita tinggal, yang semakin kompetitif, bagaimana penampilan dan bagaimana perasaan kita terhadap diri kita sendiri kadang menunjukkan aspek hidup yang penting, termasuk di dalamnya adalah cinta, pekerjaan, dan hubungan pertemanan.

Kapan selulit muncul?

Seperti yang telah dibahas, kemunculan selulit semakin buruk ketika sel-sel lemak pada jaringan penghubung yang  ada di bawah kulit menjadi mengelompok terlalu dekat. Khususnya pada wanita, selulit biasanya ditemukan pada paha dan pantat dan biasanya mempunya karakteristik, yaitu terlihat seperti “keju lembut” are-area dimana terdapat selulit berbeda antara pria dan wanita. Alasannya adalah selulit mungkin lebih berdampak pad wanita dibandingkan pada pria, dikarenakan bangun otot yang berbeda antara keduanya. Secara sederhana, struktur sel antara pria dan wanita berbeda. Jaringan penghubung pada wanita semakin tidak lentur khususnya ketika wanita semakin berumur, sedang dalam perubahan hormonal, dan mengalami berbagai jenis perubahan berat badan, bertambah dan berkurang, termasuk di dalamnya dari kehamilan, khususnya kehamilan yang berulang kali. Efek bergelombang yang dikenal sebagai selulit muncul ketika seorang wanita bertambah berat badannya dan sel lemaknya meregang dan terlipat keatas menuju ke permukaan kulit. Sebaliknya, pria biasanya tidak mengalami perbedaan berat badan tersebutselama hidupnya atau perubahan hormon yang dramatis seperti pada wanita. Oleh karena itu lemak yang terkumpul pada paha lebih sedikit. Lagipula lapisan kulit luar pada laki-laki lebih tebal dari wanita, sehingga menyembunyikan berbagai indikasi memadatnya lemak di bagian dalam.

Siapa yang lebih mungkin mempunyai selulit? Andakah?

Bagaimana seseorang menentukan seberapa banyak selulit yang tergolong sebagai terlalu banyak? Anda dapat mengukur selulit Anda berdasarkan alat-alat yang terdapat di celluliteusa.com seperti tes cubit selulit atau kuis selulit.

Seberapa burukkah selulit kita? Cubit diri Anda-ini benar. Ambillah beberapa selulit Anda dengan menggunakan kedua tangan, dan tekanlah. Sekarang lihat hasil Tes Cubit Selulit Anda. Drs. Nurnberger dan Muller mengelompokkan selulit dalam 4 tingakat, antara 0-4.

Tahap 0- kita tidak punya. Tidak ada lekukan

Tahap 1- selulit hanya muncul ketika kita mencubit area yang cenderung berselulit.

Tahap 2- kita bahkan tidak perlu mencubit untuk melihat selulit ketika berdiri, hanya waktu berbaring.

Tahap 3- kita bisa melihat selulit sepanjang waktu tanpa perlu mencubit.

Sekarang setelah mengetahui tingkatan selulit kita, mari mencari tahu jenis selulit apa yang kita punya:

Jika selulit Anda longgar, terdapat di banyak area, dan sedikit menggelambir maka selulit Anda disebut selulit lunak. Selulit lunak adalah tipe yang paling banyak ditemui, dan untungnya lebih mudah dihilangkan. Selulit jenis ini membuat kita nampak seperti mempunyai otot yang buruk meskipun kita bekerja sekeras mungkin, karena kita bergoyang ketika berjalan.

Selulit yang diarenakan kulit yang menjadi longgar sedikit berbeda dan diperlakukan lain.

Selulit keras lebih biasa ditemui pada para wanita yang mempunyai bangun otot yang padat. Selulit jenis ini menempel  lebih kuat pada otot.

Kapan kita mendapat selulit?

Kemunculan selulit bisa memburuk karena sebagaian atau semua factor gaya hidup berikut ini: hormon, usia, dan diet, serta olahraga. Dalam teks ini kita akan mengkaji tiap-tiap factor gaya hidup ini untuk menentukan bagaimana setiap faktor secara khusus berpengaruh pada Anda. Hormon, utamanya, memainkan peranan penting dalam munculnya selulit kita. Tubuh seorang wanita selalu berubah. Dari permulaan menstruasi, penggunaan alat kontrasepsi, masa mengandung, dan seterusnya, tingkat dan jenis hormon dalam tibuh kita dapat menyebabkan kekacauan pada kulit kita. Oleh karena itu, peningkatan munculnya selulit bisa terjadi selama masa mayor dan minor dalam perubahan hormon.

Yang kedua adalah umur, yang benar-benar bisa tampak pada kulit kita. Kita bisa memperhatikan bahwa selulit bisa lebih meningkat semakin kita berumur. Kita mungkin sudah memiliki kondisi yang memungkinkan timbulnya selulit semasa remaja, tetapi kita melihatnya secara lebih jelas ketika produksi kolagen semakin menurun. Oleh karena itu, selulit kita terlihat semakinmemburuk seiring kondisi kulit kita yang semakin longgar. Terpapar sinar matahari secara berulang kali bisa mempercepat proses penuaan kulit kita dan harus dihindari sebisa mungkin.

Yang ketiga adalah diet dan olahraga, yang mempengaruhi selulit, meskipun minimum. Adalah benar bahwa jika berat badan Anda bertambah, selulit Anda mungkin terlihat lebih nyata, tetapi diet dan olahraga saja tidak bisa memperbaiki munculnya selulit. Bagaimanapun terlihat bahwa diet tinggi serat dan minum air putih dapat membantu menghilangkan  penyumbatan sistem limfatik yang terjadi dalam lapisan lemak yang padat. Oleh karena itu berbagai perawatan dipilih untuk menurunkan atau menghilangkan jumlah selulit dalam tubuh seseorang harus dibantu dengan hidrasi yang baik dan aktivitas kardiovaskular yang kuat.

*mm..mm..maap kalo terjemahannya kurang oke..

karena aku pikir kurang sopan kalo masang gambar bagian-bagian tubuh berselulit, yang biasanya di faha atau fantat, gambar anatominya mungkin lebih mewakili. *dari pada ke “dalem” dikit-dikit mending ke “dalem” sekalian 😀

CelluliteDrawing

atau lebih jelas lagi mungkin yang ini

sn7_cellulite

thanks to google for the images!

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 16 Mei, 2009 12:11 pm

    hmm.. good info nih.. jadi makin aware sama keadaan diri sendiri..
    jadi berasa belajar biologi lagi nih.. heheh

  2. Riyan permalink
    28 Mei, 2009 1:43 am

    bagus bnget infonya..oya sya pnya informasi bgi yg pnya selulit dan berniat ngilanginnya,kbtulan kakak q pnya selulit ngegelambir skali tpi ktika pakai nutrisi CELL U LOSS dari herbalife selulitnya mencair jadi Rupiah…bneran lgo serius..sya snang skali bla bsa bntu
    huggies said:ayo, monggo-monggo, ni mas riyan mau bantu ngilangin selulit loh..mau, mau mau? dikasih no ato apa gitu mas yang bisa di hubungi, kalo ada yang tertarik kan langsung bisa hubungi mas. anyway, thanks for visit ya mas 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: