Lanjut ke konten

a ticket is: if i make it here, i’ll make it everywhere!!

23 April, 2009

kemaren ni, aku ngadain survey kecil-kecilan tentang apa yang temen-temen aku inget pertama kali kalo aku ngomong “Belanda”. jadi ya, kaya maen kuis ” Password Jutawan” gitu deh, yang di Global TV itu loh, yang MC-nya Farhan, cuma kagak ada duitnya. jawabannya muacem-muacem!

berikut potongan kejadian tebak-tebakan tersebut

  • Aku: “Belanda!”

Teman 1: ” Kincir angin!”

  • Aku: “Belanda!”

Teman 2: “Penjajah!”

  • Aku: Belanda!”

Teman 3: “Geert Wilders!”

  • Aku: Belanda!”

Teman 4: ” Kompetiblog!”

oke, yang terakhir karena dia dah tau kompetisi ini.

Anyway, 1 dari beberapa jawaban yang paling menarik buat aku adalah jawaban “Geert Wilders”.

sebenernya jawaban “kincir angin” boleh juga, soalnya aku belum pernah liat, jawaban “penjajah”? ya iyalah 350 tahun getooo…

but, “Geert Wilders” adalah sesuatu yang…umm..lain.

lain karena aku muslim, yang berarti aku adalah salah satu yang tersinggung berat sama film yang dia bikin. lain karena sebagai muslim, aku hidup di Indonesia, yang berarti umat mayoritas di sini.

over all, aku emang mayoritas.  ga cuman dari agama aja sih, tapi dari fisik pun aku mayoritas. kulit sawo matang, tinggi pun ga seberapa (alias pendek, ehehe). jadi hidup di sini emang tergolong mudah buat kaum mayoritas seperti aku. sebagai mayoritas, segala fasilitas yang aku butuhin tersedia, dan isu-isu yang menyinggung aku sebagai muslim di berbagai media nyaris ga ada. ya iyalah..

yang pasti kehidupan media di Indonesia emang cukup bebas. tapi, Indonesia punya satu koridor jelas yaitu, ga boleh menyinggung isu SARA. soalnya berpotensi mancing segala macam kerusuhan ga jelas yang bikin banyak orang menderita.

tapi, kalo aku nyicipin belajar di negara barat, salah satunya Belanda, mungkin bakal kerasa agak lain.

umm..lain ajah.

umm..lain banget.

umm..ya, kontras!

aku bakal jadi bagian dari kaum minoritas. orang Belanda itu putih, tinggi, dan mayoritas bukan muslim. jadi, pastinya aku adalah orang minoritas.

trus kalo ngomong soal kebebasan media, Belanda mungkin salah satu negara yang ngasih begitu banyak kebebasan buat media. nah loh, kalo di sini aja, yang mayoritas penduduknya adalah muslim, aku masih ngerasa tersinggung berat, nah trus kalo di Belanda gimana ya? apalagi Belanda adalah “kampung halaman” sang pembuat “Fitna”..hmmm…Tantangan!!

ya, definitely adalah sebuah tantangan. gimana nggak? di sini tiap hari jam sekitar jam 6, ga masjid deket rumah, masjid RT sebelah, bahkan hampir semua stasiun TV berlomba-lomba mengumandangkan adzan. lha trus disana? huff.. boro-boro.. bakalan ga ada sama sekali kalo ga bisa dibilang not a chance. dan, nyari makanan halal kalo di Indonesia? saking gampangnya, malah aneh kalo nemuin bungkus ga ada label halal-nya. tapi disana? hu..hu..

tapi ya itulah yang dinamakan tantangan. dinamikanya selalu menarik buat aku.. takut pasti ada, nervous, penyesuaian, dan segala macam rasa yang campur aduk kalo datang ke sebuah tempat yang bener-bener baru dan berbeda, apalagi sebagai seorang minoritas. yah..walaupun datang juga cuma buat “nyicip” paling ga aku dah dapet taste-nya.

jadi, yang jelas, kalo di Belanda aku bisa ngelewatin proses penyesuaian dengan smooth, bisa di jamin di belahan dunia manapun aku belajar atau hidup nantinya, pasti aku bisa ngelewatin. kan aku dah bawa tiketnya. so, that’s what a global ticket really is: allow me to go anywhere!!!

Iklan
One Comment leave one →
  1. 26 April, 2009 11:11 am

    gud lak ya mba.. all d best 4 u,, (loh kok..?)
    huggies said:makasih Snepy… just trying, we never know, right? makasih dah maen lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: