Lanjut ke konten

inilah istimewanya wanita…(1)

7 September, 2008

terus terang, agak jengah juga betapa Islam dipandang sebagai agama yang memandang rendah harkat dan martabat wanita. hanya karena ada beberapa orang yang menyitir suatu dasar dengan tidak benar, atau karena mereka memang belum sepenuhnya memahami. jadi, inilah kira-kira yang bisa dipahami tentang betapa istimewanya wanita di dalam Islam:

Inilah Istimewanya Wanita..*

Renungan untuk Muslimah tentang betapa istimewanya mereka. Semoga mereka bersyukur.

  • doa wanita lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. ketika ditanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam akan hal tersebut jawab baginda: “Ibu lebih penyayang daripada bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.. Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya derajatnya seperti orang yang senantiasa menangis karena takut terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala dan orang yang takut kepada Allah akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.”
  • “barang siapa yang membawa hadiah (barang makanan)dari pasar ke rumah lalu diberikan kepada keluarganya maka pahalanya sepperti bersedekah. hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. maka barang siapa yang menggembirakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail A.S”
  • “Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggung jawab maka baginya adalah syurga.”
  • dan Aisyah r.a:”Barang siapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka maka mereka menjadi penghalang baginya daripada api neraka.”
  • “Syurga itu dibawah telapak kaki ibu. apabila ibu bapak
    women in Islam

    women in Islam

    mu memanggil maka jawablah panggilan ibumu dahulu.”

  • “wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. masuklah darimana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab. wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, semuanya beristighfar baginya selama mana dia taat kepada suaminya (serta menjaga sembahyang dan puasanya)”
  • Aisyah r.a berkata “aku bertanya kepada RAsulullah shalallahu ‘alaihi wasallam siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab baginda, “suaminya.” “siapa pula yang berhak terhadap lelaki?” jawab Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam “Ibunya.”

*)artkel ditulis oleh saudara irwansyah (irwansyah@chevron.com) yang dimuat di Majalah Alia No 03 Tahun V Sya’ban-Ramadhan 1428 H/ September 2007

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. mohammad ilyas permalink
    13 September, 2008 8:11 pm

    apakah ada istimewanya, wanita yang berkhianat pada suaminya , dikarenakan suaminya berkhianat ?
    suami berkhianat karena istrinya tidak dapat melayani secara muslimah kemudian si suami kawin lagi, misalnya ?

  2. huggies4u permalink*
    14 September, 2008 11:13 am

    minda says:
    “wanita yang berkhianat pada suaminya, karena suaminya berkhianat?” sepertinya tindakan ini kental akan motif “balas dendam” dan sejauh yang saya tahu, dalam Islam, maaf dan sabar adalah yang utama.wallahualam.
    “suami berkhianat karena istrinya tidak dapat melayani secara muslimah kemudian si suami kawin lagi?”
    maaf sebelumnya tetapi “melayani secara muslimah” itu yang bagaimana? dan apakah tindakan si suami yang berkhianat, dengan alasan apapun, berarti dia sudah bekerja sama dengan si istri untuk membangun rumah tangga yang Islami?

  3. farah permalink
    4 Desember, 2008 12:24 pm

    komen sebelumnya adalah brdasarkan komen terhadap suami. tapi saya ingin memberi pendapat bahawa selagi kita wanita masih belum bergelar isteri, ibu adalah tempat untuk kita berbakti. ini kerana ibu adalah orang yang melahirkan kita dan jasa seorang ibu itu tidak dapat dibalas walaupun kita memeberi segunung emas kepada ibu kita..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: